Friday, August 2, 2013

Port of Rotterdam

Tahukah kamu, port of Rotterdam merupakan salah satu pelabuhan terbesar di dunia. Ngga heran kalo pelabuhan ini dijadikan pintu gerbang global trading dan menjadi pintu masuk terpenting bagi eksportir Eropa.

Hari minggu kemarin ga ada kuliah, ga ada tugas.. yaaay I'm free like a babyy! Saya dan Shali cus ke Rotterdam dan berangkat dari pagi.
   Setelah perjalanan Breukelen-Rotterdam kurang lebih selama 30 menit, sampailah kami di Rotterdam Centraal. Pas baru keluar kereta.. Brrr..bbrrr..bbrr.. wuah dinginnya ngga permisi dulu langsung masuk tulang. Metaforanya kaya ke toko daging, trus masuk ke kulkasnya yg segede kamar.
   Berhubung belum sarapan dan sambil nungguin temennya Shali yang di Rotterdam kamipun mampir ke BK. Giliran memesan! Duh rada gimana gituu gegara insiden kemaren. Eh tapi lancar2 aja tuh, bukan salah gue berarti kemaren yee #teteup. BK di sini ukurannya 2x lebih besar daripada yg di Indo, kata Shali di China jugaa. Selesai makan dan ngerumpi, pas syekali temennya Shali dateng, namanya Yaya. Akhirnya kami berangkat menuju Port of Rotterdam!
  Oh ya, fyi selama perjalanan sebenernya nemu wajah2 asia yg familiar alias muka2 orang indonesia, tapi semua ga ada yang "eh orang indonesia ya?" mungkin nih yaa karena saya jalannya bareng sama Shali dan Yaya dan mereka kalo ngobrol pake bahasa Cina, saya dikira part of them, yaa mungkin gegara mata saya sipit kali yes. gak tau deh. haha. Shali udah beberapa kali ketemu sama sebangsanya yang tinggal di sini, saya? belom sama sekali dari mendarat di sindang. T.T
  Balik lagi ke Rotterdam. Di tengah jalan tiba2 Yaya berenti trus buka peta. Nah, itinerary kami berubah hari ini. Jadinya kami ke jalan Museumpark dulu. Jadii museumpark ini adalah kompleks wisata yang isinya bermacam2 musium. Berhubung Yaya anak arsitektur jadinya kami berpisah, Yaya ke musium arsitektur apa gitu namanya, saya dan Shalli keliling masih labil pilih musium yang mana dulu. haha.
musium arsitektur

Di samping musium Boijmans

Kami duduk di bawah pohon sambil liat peta dan memutuskan mau ke musium mana dulu. Akhirnya kami pilih yang terdekat dengan kami dulu yaitu Museum Boijmans van Beuningen. Sebenernya ini ambil kucing dalam karung sih. Kami ga tau ini museum macam apa dan berapaan. Pas ngantri ternyata harganya 14 euro trus kata Shalli ga boleh foto. makk. Langsung saja kami balik kanan jalan. haha. Lalu kami pun keluar lagi dan buka peta (lagi). Aah. ada musium lain ternyata kalo kami nyebrang taman. whoop.

hihiy ada keluarga bebek main di kolam

Sebenernya sih kami menuju musium yang namanya Kunsthal. Eh tapi ada kerangka ikan gede banget yang digantung di dalam musium Natuurhistorich.. ganti itinerary deui.. ganti deui.. Sambil masuk kami bebisikan "if it more than 10 we out" "yess, long live anak kosan!" #loh. Ternyata harganya cuma 6 euro dan boleh foto2, yihaa.

jangan buang sampah di kali yee mpok.. bang..

Shali lompat pas baru masuk dan nengok kanan. Trus nanya "itu gorila bukan sih?" -__-

Kwaaak!

Hiiii!

Sampe sekarang ga tau what kind of creature is this :O

ini dia kerangka ikan yang segede gaban

Puas berkeliling, ga tahan juga sih lama2 di sini. Kami memutuskan untuk langsung pergi ke Port of Rotterdam!! jalannya ga terlalu jauh dari sini ke sana #apasih. Sekitar 15 menit mungkin. Untung udah agak siang, jadi mataharinya udah lumayan anget deh. (sekarang baru tau apa arti matahari bagi bule2 yang naked di bali).

Nah tujuan utama kami ke sini bukan buat liat kapal ataupun ngangkat jangkar, tapi kami pingin naik Water Taxi. Lumayan lama sih nunggunya, sekitar 15 menit baru dateng deh. Ohiya pas kami nunggu cuman ada kami berdua dan dua turis lainnya, sampe pas water taxinya dateng udah ada sekitar 10 orang yang juga pingin naik itu. Nah, ternyata water taxinya ngga berhenti tepat di depan kami berdiri. Duh, alamat naik kloter kedua nih. Ternyata eh ternyata.. mereka pada tau diri, trus sambil nunjuk2 kami mereka nyuruh kami masuk duluan karna kami duluan dateng. tuh! kalo di "rumah" sih pasti udah diserobot ampe nyemplung (ye kalo lagi apes nemu oknum "begitu").
  Yaaaay, kami masuk kapal, trus duduk manis sambil berekspektasi yang indah2. Tujuan kami adalah Hotel New York yang terletak di pinggir laut. Baru juga setengah jalan.. si bapak nakoda mulai brutal nyetirnya. Aduh pak, ini mah ga ada nikmatin pemandangan pisan -_-.
mulai rada santai.. (udah mau nyampe soalnya)

Sampe deh di tempat tujuan..

Polisi Air memeriksa speedboat driver license

Water taxi pulang (rada santai ini mah, penumpangnya cuma kami berdua. haha)

Udah kelar nih balik lagi ke tempat awal, kami beli minum sebentar di resto deket situ sambil nunggu Yaya, karna tadi pisah (lagi). Lalu kami keliling Rotterdam deh buat belanja suvenir. Pas kami mau nyebrang, mencet doong tombol lampu pejalan kaki, lumayan lama sih nunggunya padahal jalanan kosong. Trus Shali tengok kiri kanan sambil bilang "udeh ah gue nyebrang aje kelamaan" daaan...
   TIIIIIIN! (fiuh, untung ngga pake Dhuarr!) ada mobil dari kiri melaju cepat. Shali lompat2 kaget. Emang kadang rada susah bedain kapan dia seneng, kaget, dan dalam marabahaya, lompat mulu idupnya.
   Entah kenapa sebenernya saya ama Yaya kaget siih tapi kami ketawa-tawa, trus si Shali juga pas balik ketawa2 sambil ngomong "kalo di Cina pasti si supir langsung turun dan gue dikemplang" (kira2 begitu versi jakartanye). Trus saya bilang "lagi lu main nyelonong aje"
 "ya abis di Breukelen biasa nyebrang sambil merem".

Emang si guys di Breukelen itu sepiii bgt jalanannya, trus mobilnya juga ngga kenceng2 bgt pas di belokan. Yaaa tapi jangan sekali-kali disamaain ama jalanan tengah kota, apalagi jalanan margonda, hiiiy. Untung masih bisa pulang berdua.. Trus cerita kali ini jadi happy ending deeh. heuheu. Alhamdu? lillaaah :'D